Home » » Tugas PAI kls X

Tugas PAI kls X

Written By Unknown on Minggu, 10 Maret 2013 | Minggu, Maret 10, 2013

Kita tahu bahwa yang namanya perbuatan hasud adalah perbuatan yang tercela dan dimurkai Allah SWT. walau dalam kenyataan masih sering kita jumpai orang yang berbuat hasud. Disadari atau tidak sesungguhnya perbuatan hasud tidak akan pernah memberikan manfaat baik pada diri sendiri ataupun orang lain, bahkan akan merugikan untuk dirinya maupun orang lain. Nah tahukah kalian apa yang menjadi sebab orang memiliki sifat hasud dan bagaimana caranya sih menghilangkan sifat hasud dalam diri seseorang ?

Selain sifat hasud yang merupakan sifat tercela, kita juga mengenal sifat riya' atau yang dikenal dengan sebutan syirik kecil. Riya yang dalam keseharian sering disebut dengan pamer atau memperlihatkan amal ibadah kepada orang lain dengan tujuan untuk mengharap pujian bukan semata- mata mengharap Ridlo Allah SWT. Mungkin kita juga mengalami hal seperti itu, yaitu adakalanya kita beribadah tetapi mengharapkan pujian atau sanjungan dari orang lain. Karena perbuatan riya bisa masuk dalam hati siapa saja. Nah sekarang bagaimana menghilangkan sifat riya dalam hati kita coba sebutkan kiat-kiatnya.

Aniaya berasal dari bahasa sansekerta yang artinya perbuatan bengis, penyiksaan atau zalim. Yang dimaksud aniaya adalah tidak adil atau menempatkan sesuatu tidak pada tempatnya. Sifat aniaya dapat dibagi menjadi beberapa macam antara lain :
  1. Aniaya kepada Allah, yaitu tidak mau menjalankan perintah Allah dan meninggalkan laranganNYA
  2. Aniaya terhadap sesama manusia seperti gibah ( mengumpat ), namimah ( mengadu domba ), titnah, mencuri, merampok dll.
  3. Aniaya terhadap binatang, seperti binatang untuk latihan tembak dll.
  4. Aniaya terhadap diri sendiri, seperti membiarkan diri dalam kebodohan.
Mengapa orang mau melakukan aniaya termasuk aniaya pada diri sendiri, coba kamu jelaskan dan beri solusinya.

Jawaban silahkan kirim ke imanmurtaqie@ymail.com
Share this article :

Posting Komentar