Home » » MODUL PAI KELAS X

MODUL PAI KELAS X

Written By Unknown on Senin, 11 Maret 2013 | Senin, Maret 11, 2013



BAB I
PENDAHULUAN


A.    Deskripsi
Modul ini tentang sumber hukun Islam yang merupakan dasar-dasar hukum ilmu fiqih atau yang bekenaan masalah ibadah. Diharapkan orang muslim mampu memahami sumber-sumber hukum Islam secara benar, sehingga mereka tidak semabarangan didalam melaksanakan sumber hukum Islam itu.
1.      Kompetensi
a.       Mampu menjelaskan sumber-sumber hukum Islam
b.      Mampu mempraktekkan sumber hukum Islam
c.       Mampu mengetahui dasar hukum Islam
2.      Manfaat kompetensi
Manfaat tersebut : siswa dapat menyebutkan sumber-sumber hukum Islam yaitu :
a.       Al-Qur’an  : diterapkan dalam mencari dalil-dalil untuk menetapkan suatu
   hukum
b.      Al-Hadits  : diterapkan dalam mencari dalil-dalil guna membantu
   memperkuat hukum setelah Al-Qur’an.
c.       Ijma’          : diterapkan dalam mencari sutau hukum yang mana dalam al-
  Qur’an dan Al-Hadits belum ada
d.      Qiyas         : diterapkan dalam mencari suatu hukum dengan cara
   menyamakan masalah hukum yang ada di Al-Qur’an, Hadits
   maupun Ijma’

B.     Prasarat
Kemampuan awal yang diprasaratkan untuk mempelajari modul ini adalah :
1.      Telah menyelesaikan modul sebelumnya
2.      Telah mampu mengetahui sumber-sumber hukum Islam

C.    Petunjuk Penggunaan Modul
1.      Bagi Siswa
a.       Langkah-langkah yang ditempuh
·         Membentuk kelompok belajar dengan anggota 5-10 siswa
·         Menjelaskan sumbner-sumber hukum Islam
·         Mendiskusikan kerja hasil kelompok tentang sumber hukum Islam
·         Mengadakan mentoring di perpustakaan untuk menunjang refrensi buku dalam mencari sumber hukum Islam
·         Mengadakan muhasabah hasil kerja kelompok masalah sumber hukum Islam
b.      Perlengkapan yang harus sipersiapkan
·         Al-Qur’an dan terjemahannya
·         Kitab-kitab yang memuat Hadits nabi
·         Kitab kuning
·         Alat tulis menulis
·         Dll
c.       Hasil penelitian
Untuk mengetahui sumber-sumber hukum Islam dengan refrensi Al-Qur’an, Al-Hadits, Ijma’ dan Qiyas atau kitab-kitab kuning yang ada.


2.      Peran Guru
a.       Membagi siswa dalam beberapa kelompok
b.      Membantu siswa dalam perencanaan pemelajaran
c.       Membimbing siswa tugas-tugas praktik
d.      Membantu siswad alam memahami konsep sumnber hukum Islam
e.       Membantu siswa mengakses sumber-sumber hukum Islam
f.       Mengorganisasikan belajar kelompok
g.      Melaksanakan penilaian hasil kegiatan mentoring
h.      Melakukan konsolidasi tentang sikap, pengetahuan dan ketrampilan
i.        Merundingkan dengan siswa rencana pemelajaran
j.        Mencatat kemajuan masing-masing siswa

D.    Kompetensi
Kompetensi
Sub kompetensi
Kriteria kerja
Materi pokok pemelajaran

Sumber Hukum Islam








- Al Qur’an
- Al Hadits
- Ijma’
- Qiyas
- Menjelaskan sumber-sumber hukum Islam
- Menjelaskan kedudukan masing-masing sumber hukum Islam
- Menjelaskan macam-macam sumber hukum Islam
- Macam-macam sumber hukum Islam
- Kedudukan Al-Qur’an
- Kedudukan Al Hadits
- Kedudukan Ijma’
- Kedudukan Qiyas


E.     CEK KEMAMPUAN
No.
Pertanyaan
1.       
Jelaskan pengertian sumber hukum Islam
2.       
Sebutkan macam-macam sumber hukum Islam
3.       
Jelaskan masing- masing pengertian macam-macam hukum Islam



BAB II
PEMBELAJARAN


A.    Rancangan Belajar Siswa
No.
Pencapaian
Bln/Mgg
Wkt
Pencapaian
Ket
TTD








Ssw
Gr
1         
Membaca bahan ajar
X









2         
Menyalin bahan ajar
X









3         
Menyimpulkan bahan ajar
X









4         
Mengartikan bahan ajar

X








5         
Mencari sumber hukum Islam dalam bahan ajar

X








6         
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok


X








B.     Kegiatan Belajar
1.      Kegiatan Belajar I
a.       Tujuan kegiatan belajar I
Setelah melaksanakan kegiatan belajar anda diharapkan :
-          Dapat menyebutkan sumber hukum Islam dengan benar
-          Dapat bekerja sama dalam kegiatan kelompok
b.      Uraian materi kegiatan belajar I
Membaca buku atau kitab fiqih selama 15 menit
c.       Tugas kegiatan belajar I
Diskusikan dengan kelompok anda masalah sumber hukum Islam setelah membaca buku / kitab dengan sistem mentoring
2.      Kegiatan Belajar II
a.       Tujuan kegiatan belajar II
Setelah mempelajari kegiatan belajar ini anda diharapkan :
-          Dapat memahami sumber hukum Islam dengan benar
-          Dapat menyebutkan macam-macam sumber hukum Islam
-          Dapat menjelaskan didepan kelas tentang sumber hukum Islam
-          Dapat membuktikan kitab-kitab yang menjadi ajuran dalam mencari sumber hukum isla


BAB III
EVALUASI


A.    Evaluasi Kompetensi
1.      Apa yang dmaksud dengan sumber hukum Islam ?
2.      Sebutkan sumber hukum Islam yang anda ketahui ?
3.      Tolong jelaskan maksud sumber hukum Islam yang anda tulis pada no. 2 ?

B.     Kunci
1.      Sumber hukum Islam adalah rujukan dalam menentukan suatu hukum
2.      Sumber hukum Islam
a.       Al-Qur’an
b.      Al-Hadits
c.       Ijma’
d.      Qiyas
3.      Maksud sumber hukum Islam
a.       Al-Qur’an : firman Allas swt yang diturunkan kepada Nabi Muhammad
 saw melalui malaikay Jibril secara berangsur-angsur
b.      Al-Hadits  : adalah ucapan, perbuatan dan ketetapan Nabi Muhammad
  saw
c.       Ijma’          : adalah kesepakatan ulama’ dalam menentukan suatu hjukum
  yang tidak jelas
d.      Qiyas         : adalah menyamakan suatu hukum yang sudah ada


BAB IV
PENUTUP


Sebagai tindak lanjut dari sleuruh kegiatan belajar dalam modul ini, apabila hasil evaluasi terhadap penguasaan kompetensi mencapai minimal 75 % maka siswa dapat melanjutkan ke  modul berikutnya setelah memperoleh rekomendasi dari guru mata diklat pendidilkan agama Islam.
Apabila siswa beluam dapat mencapai penguasaan kompetensi 75 %, maka siswa tersbeut dianggap belum kompeten dan harus mengulang evaluasi.
Akhir kata apabila dalam pembuatan modul ini yang asalah. Penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.


DAFTAR PUSTAKA


-          Al-Qur’an dan terjemahannya
-          Buluqhul marom
-          Buku pedoman guru tentang fiqih
-          Masail fiqhiyah


INTSTRUMEN PENILAIAN


Program Kehalian                   : SPK
Kelompok Mata Diklat           : Normatif
Mata Diklat / Kompetensi       : PAI / FIQIH
Tingkat                                    : I
Nama Siswa                            :
Kelas / Program Keahlian       :
Tahun Pelajaran                       : 2012 - 2013

No.
Metode penilaian
Bentuk tes
Aspek yang dinilai
Skor Max.
Nilai
Ket
1.       
Tes lisan
Membaca buku fiqih
Pengertian sumber hukum Islam
20


2.       
Tes tulis
Menulis dibuku tentang sumber hukum Islam
Macam-macam sumber hukum Islam
20


3.
Kerja kelompok
Presentasi
-          Penampilan
-          Isi
-          Penguasaan materi
-          Kekompakan
10
10
10

10


4.
Penilaian mandiri
Penugasan
-          Mencari buku-buku tentang sumber hukum Islam
20


Jumlah skor maksimal
Jumlah skor yang diperoleh
100



Ket :
Standar kelulusan / kompetensi apabila dicapai nilai minimal 75

Kebumen, 27 Desember 2012

Penyusu
Share this article :

+ komentar + 3 komentar

9 Juli 2018 pukul 12.46

jazakallah

31 Maret 2020 pukul 15.10

Syukran

9 November 2020 pukul 16.16

Syukran katsiran

Posting Komentar